Minggu, 12 Mei 2013

JR#13 Akhir Pembelajaran Ritel

    Tidak terasa hari hari berlalu begitu cepat, dari waktu ke waktu bagaikan mimpi di malam hari yang datang seketika. Begitu juga dengan kuliah online ku yang tidak terasa sudah memasuki detik-detik kelulusan yang artinya akan segera usai. Begitu banyak sekali kenangan-kenangan yang terukir di dalamnya. Kebersamaan yang indah, kehangatan yang menyentuh hati, canda tawa yang tidak akan terlupakan, susah senangnya dalam menyelesaikan tugas dan memiliki tantangan tersendiri. Saya merasa beruntung dan senang sekali mempunyai kesempatan belajar bersama Universitas Ciputra. Disinilah semangat entrepreneur ku terpupuk, aku menemukan pemikiran baru dan jati diriku sendiri.
   
     Kini tibalah saatnya menempuh ujian akhir, hati ku berdebar-debar untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian ini, entahlah....mungkin ini sebuah refleks yang datang begitu saja selayaknya orang yang sedang panik. Padahal selama menjalani pembelajaran ini saya benar-benar menikmatinya meskipun terkadang mesara berat dan tak mampu dengan waktu yang sangat minim namun karena adanya keinginan dan niat akhirnya saya juga bisa menyelesaikan semua tugas tanpa melewati batas waktu akhir yang ditentukan oleh Bapak Dosen Nur Agustinus. Saya senang sekali bisa belajar langsung dengan beliau, beliau menerangkan semuanya secara detail mulai dari pengertiannya hingga contohnya.

      Banyak sekali hal-hal yang saya dapatkan dari proses pembelajaran ini dan terasa perubannya dalm diri ku mulai dari sikap, perilaku yang dulunya cuek sekarang menjadi perhatian terhadap apa yang ada disekelilingku. Cara pandang dan pemikiranku ku juga mengalami perubahan. Dulu mendengar kata-kata bisnis, saya kurang begitu tertarik karena dulu saya berfikir bisnis itu bisa sukses hanya untuk orang-orang yang berpendidikan tinggi dan memang sudah ahli saya tidak membayangkan mereka memulainya juga dari 0 besar yang harus jatuh bangun. Orang sukses karena dia mampu bertahan dan bangkit lagi disaat mereka terjatuh, mereka terus menerus mencoba menciptakan ide-ide kreatif dan inovatif. Fikiran saya menjadi terbuka gagal itu adalah suatu hal yang biasa, jika ingin sukses jangan takut gagal. Kegagalan bukanlah pedang yang memutuskan semangat namun gagal adalah cambuk yang menyadarkan kita untuk melakukan perbaikan.

     Program pembelajan ini sangat bermanfaat sekali bagi saya dan akan menjadi bekal untuk berentrepreneur. Saya belajar ritail dari 0, dari yang sama sekali tidak tahu menjadi tahu, dari yang tidak bisa menjadi bisa seperti halnya ketika saya mendapat tugas membuat blog pribadi http://zeeceria.blogspot.hk/  , blog online http://zeeimagefashion.blogspot.hk/ , dan pembuatan video http://www.youtube.com/watch?v=gSodP3mXeD8 ini hasil dari yang tadinya tidak bisa sama sekali akhirnya saya juga bisa membuatnya meski perlu berbaikan dan peningkatan lagi. Jadi belajar di Universitas Ciputra Entrepreneurship Distance Online yang memang pembelajarannya lewat online dalam jarak jauh namun tidak kalah dengan belajar secara langsung dalam gedung. Bahkan belajar jarak jauh mempunyai kelebihan tersendiri kita bisa belajat dimana saja dan kapan saja tanpa terikat waktu selain itu mendidik kita belajar mandiri, melatih kita untuk memanfaatkan jejaring internet secara optimal.

      Banyak sekali memory yang terukir selama pembelajaran berlangsung ada keakraban, persahabatan yang erat, kebersamaan saling membantu dan member dukungan kepada sesame apalagi kelompok Smart Wonder yang selalu kompak. Kami selalu belajar bersama, diskusi bersama entah dalam kelas maupun di luar kelas sehingga membuat kami begitu dekat bagaikan satu keluarga.
Anggota Smart Wonder
Foto awal terbentuknya Smart Wonder
Belajar Di Taman



SW di Flower Show
Puji, Zee, Sofy, Misi

  
     Setelah saya belajar lebih dalam mengenai ritel kini saya lebih mantap untuk mengelola usaha yang sedang saya jalankan. Mengelola usaha ritel itu harus detail dalam segala hal, dulu sebelum belajar saya tidak memperhatikan kedetailan yang seharusnya saya perhatikan. Bayak sekali pelajaran yang dapatkan disini salah satunya mengenai bootstrap yaitu sebuah cara untuk mendapakan sumber daya tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Setelah saya mengenal dan mempelajari bootstrap muncullah sebuah ide yang tak terduga. Ketika saya mengalami kesulitan dalam keuangan untuk mendapat membeli sebuah tanah sebesar untuk membeli sebuah tanah sebesat 60 ubin dengan harga 1 juta per ubin namun dia menjual dengan harga 50 juta karena dia sedang mengalami masalah dan sangat membutuhkan uang tersebut namun karena kebetulan uang saya sudah terpake buat hal-hal yang lain dan hanya sisa 30 juta waktu itu. Dengan keadaan tersebut karena saya sudah belajar bootstrap akhirnya saya membeli sawah tersebut hanya dengan harga 30 juta dan yang 20 juta saya dapatkan dari menyewakan sawah tersebut kepada seseorang yang biasa saya panggil Pak Dhe. Akhirnya saya dapat membantu tetangga saya dan mendapatkan sawah dengan harga 30 juta.    Banyak sekali manfaat-manfaat lainnya yang tidak bisa ditulis satu persatu. Niat saya untuk kembali ke tanah air untuk menjadi semakin mantap. Saya akan melanjutkan bisnis online yang nantinya saya akan perkembangkan ke beberapa Negara dengan menggunakan pemikiran efektuasi dari apa yang bisa saya lakukan  siapa diri saya, apa yang saya tahu dan siapa yang saya kenal dan sekarang bukan hanya BMI Indonesia saja yang menjadi sasaran bisnis saya namun saya juga memasarkannya kepada BMI Filipin. Saya juga akan membuka usaha lain yang sedang saya rancang ketika saya pulang ke Indonesia nantinya.  

       Tiada ada yang tidak mungkin asalkan kita mau bersungguh-sungguh, kita pasti akan mencapainya, saya percaya bahwa saya pasti bisa meraih cita-cita saya menjadi seorang entrepreneur hanya tingagal menunggu waktunya, lambat atau cepat ditentukan seberapa besar keinginan kita untuk mewujudkannya.

   Saya sangat bertemima kasih kepada pra Bapak/Ibu Dosen yang telah membimbing kami. Bapak Nur Agustinus, Bapk Teddy Saputra dan Bu Poedji Tan.Untuk bapak dosen wali kelas C Pak Nur agustinus saya ucaapkan terima kasih banyak atas bimbingannya dan senantiasa dan banyak meluangkan waktu bergadang hanya untuk memdidik kami agar kami paham dengan materi-materi yang ada. Selain itu bapak juga begitu memahami kami meski diantara kami kadang bandel dalam mengumpulkan tugas. Jika kami merasa down, tidak semangat beliau meluangkan waktu untuk memberi semangat, mengirimkan sebuah lagu agar kami tetap semangat dan relax.


Saran & Kritik
Untuk memberi kritik terus terang saya bingung mau ngomong apa karena menurut ku bapak sudah melakukan yang terbaik untuk kami.

Saran saya pembelajaran ini sebaiknya diadakaan pertemuan secara langsung dengan Bapak/Ibu Dosen minimal 2 kali, entah di awal pembukaan dan akhir penutupan, Ini akan menjadi suatu kebanggan tersendiri bagi murid-murid belajar dan bertemu secara langsung dengan para pembimbing selain itu akan lebih terkesan pembelajarannya.
Terima kasih….


Smart Wonder bersama Dosen Universitas Ciputra


Tidak ada komentar:

Posting Komentar