Selasa, 29 Januari 2013

JR #3# Analisis SWOT Diri Sendiri

       Dalam minggu ke-03 ini saya benar-benar dibuat kalang kabut. Tugas bersamaan dari berbagai penjuru menumpuk menjadi satu hehehe.... Biasa tugas negara bila memasuki detik-detik tahun special pasti banyak acara. Di hari minggu lalu saya juga terpaksa tidak bisa libur, akhirnya acara yang sudah saya planing gagal total. Untung saja bos saya baik jadi meskipun liburan bersama bos juga terasa menyenangkan. Saya memanggil bos saya dengan sebutan "Mama", setiap hari saya bersamanya sehingga teman-teman dia menyangka kalo saya adalah anaknya hehehe.... katanya mirip gitu. Beliau hanya mempunyai satu anak laki-laki jadi beliau gak punya anak perempuan oleh karena itu beliau memperlakukan saya seperti anak perempuannya sendiri. Ups kok malah jadi cerita saya dengan bos saya sih... hmmm... kembali ke laptop

       Kembali pada pembelajaran Minggu ke-03 yaitu mengenai analisa SWOT dan lokasi. SWOT yaitu merupakan metode analisis perencanaan strategi guna mengetahui peta faktor lingkungan Internal dan Eksternal suatu perusahaan atau unit bisnis sehingga menghasilkan kesimpulan yang berguna untuk memberi masukan terhadap pengambilan keputusan strategi dan memberi masukan prioritas strategi terhadap apa yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu oleh si pengambil keputusan. SWOT singkatan dari Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunity (Peluang), Threat (Ancaman) dan untuk kepanjangan dari SWOT yaitu SSSSWWWOOOTTT kali ya hehehe....

Tujuan Analisis SWOT yaitu:

  1. Memanfaatkan keuntungan dari kekuatan yang dimiliki dan kesempatan yang ada
  2. Meminimalisasa kelemahan dan mengeliminasi ancaman

        Bagi saya yang baru pertama kali mau terjun dalam dunia ritel untuk membuka usaha, pemilihan lokasi adalah hal yang sangat sulit untuk saya apalagi tanpa sebuah pengalaman apapun. Oleh dari itu melakukan analisis SWOT terhadap suatu lokasi sangatlah penting. SWOT terdiri dari faktor Internal (berasal dari dalam) yang meliputi Strengths (Kekuatan), Weakness (Kelemahan)  dan Eksternal (berasal dari luar) yang meliputi Opportunity (Peluang), Threat (Ancaman). Tujuan pengamatan lingkungan adalah untuk melihat peluang pemasaran baru. Analisis swot ini selain digunakan untuk menganalisi sebuah perusahaan juga bisa dimanfaatkan untuk menganalisis diri sendiri. Kemarin saat saya ada tugas membuat  analisis SWOT sebuah sebuah lokasi, muncul keinginan saya untuk melakukan analisis SWOT terhadap diri sendiri.

        Setiap orang mempunya kelebihan dan keunikan yang berbeda-beda. Setelah saya mempelajari SWOT pertanyaan yang keluar dari benak saya yaitu apa sih kelebihan saya dan apa kelemahan saya. 
Kelebihan :
  • Murah senyum
  • Tidak mudah tersinggung                            
  • Baik hati
  • Suka menolong
  • Suka bercanda
  • Lucu
  • Mudah bergaul
  • Tidak pilih-pilih teman
  • Lebih mementingkan orang lain
Kekurangan
  • Ceroboh
  • Pelupa
  • Kurang percaya diri
  • Pemalu
Peluang
  • Punya banyak temen
  • Tidak menunda-nunda tugas
  • Menjadi orang yang dapat dipercaya
  • Belajar bertanggung jawab
  • Dapat bantuan dari temen-temen saat mengalami kesulitan
  • Dapat saling berbagi
Ancaman
  • Mudah dimanfaatkan orang
  • Di benci orang
Dari uraian diatas kayaknya saya cocok jadi SALESWOMAN nich xixixi...

2 komentar:

  1. Tenanggggggg tak ada rancaman rasa benci dariku wkwkwk...
    Kayao ya,apik tulisannya.

    BalasHapus
  2. mantappp...aku malah belum dapat ide nih,,,,kaumengaaaa

    BalasHapus