Selasa, 15 Januari 2013

Komunikasi

         Setelah saya pelajari mengapa seorang sales menjual produk yang sama dengan sasaran yang sama pula namun hasil yang diperoleh bisa berbeda. Semua itu terletak pada kekreatifan masing-masing dalam berkomunikasi dan cara penyampaianya idenya kepada pelanggan. Ingat yang dicari/dibeli seseorang bukanlah sebuah produk melainkan kegunaanya ataupun sebuah solusi dari masalahnya. Jadi untuk mendapatkan hasil yang lebih diperlukan ide-ide yang kreatif dan inovatif agar seseorang tidak sanggup bilang tidak.

          Dalam dunia bisnis kecakapan komunikasi adalah sesuatu yang sangat penting dan menjadi kunci dalam sebuah kesuksesan. Jika posisi kita sebagai pembicara hendaklah fokus pada pesan yang akan di sampaikan, meyakinkan pendengar dengan berita yang kita sampaikan dan usir kabut ketidakjelasan. Sebaliknya jika posisi kita sebagai pendengar, jadilah pendengar yang aktif dengan mengungkapkan fakta, apresiasi dan dorongan kepada lawan bicara kita agar dia merasa senang.

        Dari komunikasi kita akan membangun jejaring network yang akan sangat berpengaruh dalam sebuah usaha kita.Tahap untuk membuka sebuah percakapan bisa di mulai dari basa-basi misal "apa kabar?" yang akan berlanjut pada fakta, pendapat kemudian perasaan. Seseorang akan merasa senang apabila yang di bicarakan adalah dirinya dan fokus pada dirinya. Orang akan tertarik pada Anda jika Anda tertarik pada dirinya terlebih dulu maka sebaiknya sapalah seseorang terlebih dulu, jangan menunggu untuk disapa. Untuk membangun jejaring yang luas, carilah teman sebanyak-banyaknya.
Berkenalan
  • Sebukan nama Anda terlebih dahulu
  • Jika Anda tidak jelas mendengar nama mereka, mohon mereka untuk mengulanginya
  • Panggil dia dengan namanya
  • Berikan kartu nama jika memungkinkan
  • Minta kartu nama mereka
  • Pegang dulu kartu nama mereka, jangan langsung masukan ke kantong
Apa saja yang perlu dibicarakan:
  1. Topik yang menarik atau lucu dari surat kabar
  2. Tanyakan keluarga mereka sebagai ungkapan perhatian kita terhadapnya
  3. Berikan kabar terbaru mengenai olahraga, artis, sosial yang sedang actual
  4. Tanyakan pendapat mengenai ekonomi, masalah sosial terakhir dan sebagainya
Kapan hendaknya percakapan tidak dilakukan
  • Ketika seseorang sedang berkonsentrasi ; membaca, bekerja, terlibat dalam percakapan lain
  • Ketika sedang dalam aktivitas yang bersifat pribadi ; di toilet, kamar ganti, ruang tunggu dokter
  • Ketika seseorang secara nyata tidak berespon pada Anda atau segera kembali pada aktivitasnya setelah merespon seperlunya.
Seorang Entrepreneur memiliki ciri "Pemburu Peluang" yang ujung-ujungnya menciptakan pelanggan, sehingga komunikasi menjadi kunci keberhasilan seorang Entrepreneur dalam menciptakan pelanggan
Komunikasi bisa SATU ARAH (Pidato) dan DUA ARAH (Percakapan)

Urutanyang paling diperhatikan dalam berkomunikasi:
  • Bahasa Tubuh          55%
  • Intonasi                    38%
  • Pesan kata-kata         7%
Dalam komunikasi DUA ARAH yang efektif
Pendengar yang aktif
  1. Kembali menyebutkan fakta yang disampaikan oleh pembicara
  2. memberikan apresiasi kepada pembicara
  3. Memberi dorongan kepada pembicara
Pembicara yang efektif:
  1. Memusatkan pembicaraan kepada pesan yang ingin disampaikan
  2. Meyakinkan pendengar untuk pesan yang dia sampaikan
  3. Menghindari semua topik yang akan menciptakan ketidakjelasan