Sabtu, 23 Maret 2013

JR #9 DEBAT PENDAPAT MELATIH KITA UNTUK BERFIKIR RASIONAL

     Diskusi malam minggu kemarin tepatnya tanggal 16 Maret, suasananya seru banget dari rame, tegang, serius, lucu sampe ngawak pun ada pokoknya mirip rasa nano-nano deh. heheh.....
Biasanya diskusi kita lakukan bersama teman sekelas saja dan dosen wali kelas. Namun beda dengan minggu kemarin ini, diskusi boleh dihadiri oleh temen-temen di luar kelas jadi memang agak rame tapi menyenangkan.

    Dalam diskusi kali ini kami membahas tentang bisnis model canvas yang sudah saya jelaskan di entri sebelumnya. Karena banyaknya karakter yang berbeda-beda dan perbedaan pemikiran terjadilah debat pendapat. Menurut saya perbedaan dan debat pendapat itu hal biasa selama masih dalam bentuk wajar yang paling penting menurut saya justru bagaimana kita menyikapinya dan bagaimana kita bisa menempatkan diri.

    Jika kia ambil dari segi positive sebenarnya debat pendapat melatih seseorang untuk berfikir secara rasional. Dari situ kita bisa belajar banyak hal, belajar sabar, belajar bagaimana menghargai orang lain, belajar adaptasi, belajar bersosialisasi dan banyak lagi. Selain itu dari debat pendapat akan mena secara tidak langsung menekan pikiran kita untuk berfikir lebih optimal karena bagaimanapun seseorang akan berusaha keras untuk bisa mengeluarkan pendapat yang positive sehingga bisa diterima oleh orang lain tentunya itu sangat bermanfaat untuk mengasah otak kita untuk mengeluarkan ide-ide cemerlang.

    Masih terniang ditelingaku nasehat dari Pak Anton "Pemimpin yang hebat adalah dia yang bisa menjadi pendengar yang baik" dalam nasehatnya tersirat bahwa bagaimanapun kita semua adalah manusia biasa yang tidak mungkin bisa mengetahui segalanya, sepandai-pandainya seseorang tidak mungkin pandai dalam segala hal. Seperti presiden pandai dalam berpolitik, namun di bidang kesehatan belum tentu dia pandai dan pengetahuannya di bidang kesehatan belum tentu benar menurut dokter. Jadi tidak selamanya seseorang selalu benar dalam pengetahuannya. Bila kita ingin berkembang harus rendah hati dan mau belajar dari orang lain, mendengar pendapat orang lain. Orang pandai bisa gagal karena menganggap dirinya yang paling benar sedangkan orang yang biasa-biasa saja bisa sukses karena mau belajar dari orang lain dan menjadi pendengar yang baik.

Jadi teman-teman mari terima dan dengarkan pendapat dari orang lain, seandainya beda pendapat janganlah tanggapi dengan kemarahan apalagi kebencian, ambillah hikmahnya dan petiklah kalimatnya positivenya dengan begitu wawasan kita semakin luas dan mampu bersosialisasi dengan baik untuk membangun jejaring yang solid....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar